Mau Dapat Pinjaman Modal Usaha dari Bank ?

Mau Dapat Pinjaman Modal Usaha dari Bank ?

Pinjaman Modal UsahaUntuk pengusaha kecil mikro dan menengah (UMKM) yang memerlukan modal untuk memulai atau pun membesarkan usahanya, bisa melaui Pinjaman Modal Usaha dari Bank.

Plafon pinjamannya sampai dengan 500 juta rupiah. 

Direktur PT BRI (Bank Rakyat Indonesia) Tbk Priyastomo menerangkan agar mendapatkan fasilitas pinjaman/kredit mulai dari 5 juta rupiah s.d 500 juta rupiah mesti ada syarat yang telah diatur oleh bank.
Beliau menceritakan, untuk KUR mikro, maka persyaratannya adalah individu yang menjalankan usaha produktif dan pantas, kemudian sudah menjalankan usaha secara aktif minimal selama 6 bulan, tidak sedang mendapatkan kredit dari perbankan selain kredit konsumtif biasa seperti KPR (kredit pemilikan rumah), KKB (kredit kendaraan bermotor), maupun kartu kredit.

Selanjutnya, calon debitur juga mesti melengkapi identitas diri seperti ; KTP, KK (kartu keluarga) serta surat izin usaha mereka.

“Untuk KUR retail persyaratannya sama juga dengan KUR mikro, Cuma saja ditambah dengan harus memiliki surat IUMK (ijin usaha mikro kecil) atau juga surat izin usaha lainnya yang dapat dipersamakan/sederajat,” pernyataan Priyastomo Direktur PT BRI (Bank Rakyat Indonesia) Tbk.

Selain itu, untuk pinjaman KUR TKI, persyaratannya ialah, sudah teregistrasi sebagai calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara tujuan kerja. Kemudian harus melengkapi persyaratan administrasi berupa identitas seperti KTP, perjanjian kerja dengan pengguna jasa, kartu keluarga, paspor, perjanjian penempatan, visa serta syarat-syarat lainnya sesuai aturan bank.

Priyastomo membeberkan, untuk KUR mikro dari BRI besaran kredit yang diberi optimal 25 juta rupiah per debitur, untuk tipe KMK (kredit modal kerja) jangka waktu tertinggi yakni 3 tahun. Sedangkan untuk kredit investasi adalah 5 tahun.

Untuk KUR retail besar kredit lebih dari 25 juta rupiah sampai 500 juta rupiah. Selang waktu untuk KMK yakni 4 tahun dan kredit investasi optimal 5 tahun. Sedangkan untuk KUR ritel tidak diambil ongkos provisi serta administrasi, yang akan dimintakan adlah jaminan oleh bank mengikuti dengan ketetapan.

Bagi KUR TKI maksimal pinjaman 25 juta rupiah, mengikuti dengan cost structure yang sudah ditetapkan pemerintah kita. Pinjaman ini tidak dikenakan ongkos provisi dan administrasi.

“Rentang waktu paling lama untuk KUR TKI ini ialah 3 thn atau mengikuti kontrak kerja. KUR ini dapat diperoleh untuk TKI dengan negara tujuan HongKong, Malaysia, Singapura, Brunei, Taiwan, Korea Selatan dan Jepang ” ujar dia.

Selain itu juga Corporate Secretary dari PT Bank Mandiri Tbk, Bpk Rohan Hafas menyatakan bahwa masyarakat bisa ke kantor cabang bank mandiri terdekat guna memperoleh informasi dan melakukan pengajuan KUR kepada Bank Mandiri.

Supaya mendapatkan KUR dari kantor Bank Mandiri, masyarakat dapat membawa surat keterangan sedang mengurus e-KTP atau e-KTP, surat nikah/ surat cerai, kartu keluarga, surat keterangan usaha, foto terkini, dan nomor pokok wajib pajak(NPWP) untuk kredit di atas 50 juta rupiah.

“Untuk surat keterangan usaha (SKU) dapat diperoleh di Kelurahan tempat tinggal calon nasabah yang isinya memberitahukan bahwa debitur memiliki suatu usaha tertentu dan lama berdirinya usaha calon debitur tersebut” kata Rohan.

Membludaknya masyarakat kelas menengah sebagian tahun ini membawa angin segar bagi perekonomian Indonesia. Salah satu pemicu meningkatnya perekonomian yakni pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Membuka sebuah usaha yaitu salah satu jalan yang dapat dikerjakan untuk menolong memperbaiki dan perekonomian suatu negara.

Ketika krisis global terjadi pada tahun 2008, Indonesia bisa bertahan dan selamat dari krisis finansial, tidak seperti negara-negara lainnya sebab perekonomian Indonesia disangga salah satunya dari sector UMKM.

Keinginan menjadi pengusaha ialah suatu kemajuan sebab selain menyejahterakan diri sendiri, juga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar karena dapat meresap tenaga kerja.

Melainkan, saat seseorang ingin memulai sebuah bisnis atau memaksimalkan bisnis hal pertama yang selalu terpikirkan adalah modal usaha. Tanpa modal usaha, akan sulit untuk sebuah usaha dirintis dan berkembang. Akan melainkan, menerima modal usaha dapat jadi gampang-gampang sulit.

UMKM sendiri telah mendapat banyak dukungan dan perhatian, baik dari pihak pemerintah maupun pihak swasta, sehingga dapat kita lihat berjenis-jenis ragam bantuan permodalan yang tersedia diberbagai bank dan institusi keuangan untuk memaksimalkan sebuah bisnis.

Nah, apakah Anda berharap mengawali bisnis tapi terkendala modal usaha? Atau apakah Anda sudah mempunyai bisnis kecil dan memerlukan dana untuk memaksimalkan bisnis Anda? Tidak usah khawatir, di zaman milenial ini sudah banyak bank dan perusahaan penyediaan pinjaman yang memudahkan Anda untuk mencari modal usaha secara online.

Untuk mengetahui metode-cara menerima pinjaman modal usaha, berikut sederet info dan kiat yang akan berguna bagi Anda yang ingin mengawali sebuah bisnis atau mengembangkan bisnis:

Definisi Pinjaman Modal Usaha

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) modal adalah uang yang diterapkan sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang bisa dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya.

Pada dasarnya, modal usaha merupakan fasilitas pinjaman yang diberikan dalam mata uang rupiah ataupun valuta asing yang didapatkan dari pihak luar perusahaan untuk membiayai keperluan permulaan bisnis atau pengembangan usaha yang sudah berjalan yang jumlahnya tak terbatas dalam bentang waktu tertentu.

Penggolongan Bisnis Menurut UU No. 20 Tahun 2008

Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2008, usaha mikro merupakan kategori pertama sebuah bisnis UMKM di Indonesia. Usaha mikro yaitu sebutan bagi sebuah bisnis yang mana pemilik usahanya mendapat pendapatan bersih minimal Rp50 juta (tak termasuk tanah dan bangunan daerah bisnis) atau memiliki pendapatan optimal Rp300 juta setiap tahunnya.

Kategori kedua adalah usaha kecil yang mana pengusaha memperoleh kekayaan bersih antara Rp50 juta hingga Rp500 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan daerah bisnis) atau menciptakan penjualan tahunan dari Rp300 juta sampai Rp2,5 miliar.

Kelompok ketiga adalah usaha menengah yang mana pengusahanya telah memiliki kekayaan bersih dari Rp500 juta hingga Rp10 miliar (tak termasuk tanah dan bangunan daerah bisnis) atau mendapatkan penjualan tahunan antara Rp2,5 miliar hingga Rp50 miliar.

Ketentuan dan Syarat Pinjaman Modal Usaha

Untuk mendapatkan pinjaman modal usaha ada sejumlah ketentuan yang wajib diketahui mengajukan pinjaman. Berikut ini beberapa kriteria yang seharusnya dimiliki untuk bisa mendaftar pinjaman modal usaha ini, diantaranya:

Warga Negara Indonesia yang bermukim di Indonesia

Memiliki usaha minimal 2 tahun di lokasi dengan bidang usaha yang sama

Minimal umur calon peminjam ialah 21 tahun atau sudah menikah, dan berumur optimal 60 tahun ketika pelunasan hutang.

Belum pernah menerima fasilitas kredit atau sudah memperoleh fasilitas kredit dengan pelunasan yang lancar dan tidak pernah mengalami kondisi kredit macet.

Disamping itu, dalam pengajuan pinjaman modal usaha, terdapat sebagian dokumen yang semestinya dipenuhi untuk memperoleh pinjaman. Berikut daftar dokumen yang sepatutnya dipersiapkan:

Kartu Pedoman Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga
Akta Nikah (Sekiranya Telah Menikah)
Nomor Pokok Sepatutnya Pajak (NPWP) dan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT)
Rekening Tabungan 3 bulan terakhir
Perlengkapan surat usaha seperti akte pendirian usaha, surat izin usaha perdagangan (SIUP) dan pertanda daftar perusahaan (TDP).
Laporan transaksi keuangan (prasyarat tambahan untuk kredit investasi).
Dokumen rencana investasi (prasyarat tambahan untuk kredit investasi).
Slip gaji (khusus karyawan)

Kredit UMKM Menurut Kegunaan

Kredit Modal Kerja

Modal kerja ialah fasilitas pinjaman yang dikasih terhadap pelaku usaha untuk mengawali sebuah bisnis atau untuk memaksimalkan bisnis. Kredit macam ini dapat dikredit dalam jangka waktu 1 tahun atau pantas kemampuan pihak peminjam, dan bisa diperpanjang.

Sejumlah bank dan perusahaan penyedia pinjaman mempunyai program kredit ini untuk memberikan peluang bagi pelaku usaha UMKM supaya mendapat bantuan permodalan.

Kredit Investasi

Macam pinjaman selanjutnya yaitu kredit investasi. Kredit investasi yakni fasilitas kredit yang diberi untuk membiayai keperluan barang modal untuk rehabilitasi, modernisasi, pelebaran ataupun pendirian sebuah bisnis, atau keperluan khusus berhubungan investasi.

Pada dasarnya, kredit ini diperuntukkan bagi pelaku usaha yang mempunyai bisnis dan sudah berjalan selama beberapa tahun. Bentang waktu pelunasan kredit ini juga lebih fleksibel sebab bisa menyicil dalam waktu optimal 5 tahun atau dapat disesuaikan dengan jumlah dana yang berkeinginan diinvestasikan.

Kredit UMKM Berdasarkan Jaminan

Di UMKM, ada dua macam kredit yang bisa diajukan menurut jaminannya. Berikut review kedua ragam kredit ini untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Kredit Dengan Agunan

Kredit dengan agunan adalah pinjaman yang mensyaratkan adanya jaminan berupa aset berharga untuk dijaminkan seperti akta hak milik tanah dan bangunan, bukti kepemilikan kendaraan bermotor, deposito, emas dan lain sebagainya. Kredit ini cocok bagi orang-orang yang ingin mengajukan pinjaman dalam jumlah besar sebab suku bunganya yang relatif rendah dan mempunyai rentang waktu yang lebih panjang.

Kekurangan kredit dengan agunan ini ialah Anda patut memiliki jaminan barang berharga yang bisa dijaminkan dan memerlukan waktu sedikit lebih lama dalam pengerjaan pencairan dana karena pihak bank dan perusahaan penyedia pinjaman akan melakukan informasi lapangan kepantasan dan poin pasar dari jaminan.

Kredit Tanpa Agunan

Kredit tanpa agunan atau yang lebih diketahui dengan istilah KTA ialah pinjaman yang tidak memerlukan jaminan aset dari calon debitur. Kalau Anda mau mengawali sebuah bisnis baru melainkan terbentur modal permulaan, kredit tanpa agunan yaitu solusi yang tepat bagi Anda.

Tapi, pinjaman ini lebih pantas bagi calon peminjam yang tidak membutuhkan dana yang besar untuk mengawali usaha atau memaksimalkan usaha karena suku bunga yang ditawarkan kredit tanpa agunan relatif lebih tinggi. Adapun kekurangan pinjaman ini berada pada tenor dan nominal pinjaman yang cenderung lebih kecil dibandingi kredit dengan agunan.

Kelebihan Modal Usaha

Memudahkan pendirian bisnis baru karena calon pengusaha tidak terbentur lagi dengan kesusahan mendapatkan modal permulaan untuk melaksanakan sebuah bisnis.

Menolong memajukan bisnis. Usaha yang sedang berekspansi ke pasar yang lebih besar memerlukan dana yang lebih besar. Sehingga pinjaman modal sangatlah diperlukan untuk mengoptimalkan sebuah bisnis.

Dukungan dan bantuan yang diperoleh dari berjenis-jenis pihak seperti bank dan perusahaan penyedia pinjaman tidak terbatas, sebab setiap usaha dapat mengajukan pinjaman modal ke pelbagai selama dana yang diajukan pengusaha untuk bisnisnya mempunyai prospek cerah dan layak.

Membantu pengeluaran tak terduga dan mengatasi kebangkrutan atau kerugian sebuah bisnis yang sedang berkembang.

Mengabsorpsi 90% kekuatan kerja baru dikala sebuah bisnis berjalan lancar.

Membuat sebuah bisnis bertahan dan maju yang pada akibatnya berkontribusi 57% pada Produk Bruto Domestik (PDB) Indonesia, sehingga perekonomian nasional dapat berkompetisi di jenjang internasional dan dapat bertahan terhadap krisis global.

Semangat pelaku usaha untuk mengembangkan dan mempertahankan bisnis lebih tinggi. Hal ini disebabkan adanya beban bagi pengusaha untuk mengembalikan pinjaman dan juga berupaya menjaga kepercayaan serta image yang baik kepada bank atau lembaga keuangan yang memberi pinjaman agar tidak tercemar.

Kekurangan Modal Usaha

Pinjaman modal usaha yang telah diterima semestinya dikembalikan dalam bentang waktu yang sudah disepakati.

Pelaku usaha akan mengalami beban akhlak atas utang yang belum dilunasi saat usaha yang dikerjakan menghadapi dilema yang mengakibatkan kerugian terhadap bisnisnya.
Tiap pinjaman modal yang sudah dicairkan akan dikenakan tarif seperti tarif administrasi dan bunga.

Bagaimana Cara Memperoleh Pinjaman Modal Usaha?

Sesudah mengetahui seluk beluk tentang pinjaman modal usaha, karenanya hal berikutnya yang perlu dikenal adalah cara mendapatkan pinjaman modal usaha. Untuk mendapatkan pinjaman yang memiliki plafon kredit hingga Rp500 juta, Anda harus mempelajari dengan seksama cara-sistem berikut ini.

Bisnis yang Anda jalankan masih produktif. Sebagian figur usaha produktif antara lain: usaha kafe, usaha warung pakaian, usaha kerajinan dan lain sebagainya.
Siapkan berkas dan dokumen-dokumen penting yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman modal usaha seperti identitas diri (KTP, kartu keluarga, keterangan domisili), orisinilitas usaha (akte pendirian usaha), ijin usaha (TDP dan SIUP), rekening tabungan 3 bulan terkahir, laporan keuangan, proposal usaha dan syarat tambahan lainnya yang akan diminta oleh bank atau perusahaan penyedia pinjaman.

Sesudah menyiapkan usaha produktif dan dokumen-dokumen, Anda tinggal memilih bank atau perusahaan penyedia pinjaman yang menawarkan plafon, bunga dan tenor yang layak dengan kemampuan Anda.

Ketika telah menemukan bank atau perusahaan penyedia pinjaman yang sesuai dengan Anda, ikuti prosedur yang ditentukan dan upload permohonan pinjaman serta dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Kemudian, pihak bank atau perusahaan penyedia pinjaman akan memverifikasi data Anda dan mengerjakan survey terhadap bisnis Anda. Selanjutnya bank atau perusahan penyedia pinjaman akan mengerjakan studi kepantasan terhadap usaha Anda. Kalau bisnis Anda memenuhi persyaratan dan mempunyai prospek cemerlang, maka permohonan pinjaman modal usaha Anda akan disetujui dan langsung dicairkan.

Kiat Penting Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

Pastikan Anda tak sedang mendapatkan pinjaman modal usaha dari bank atau perusahaan penyedia pinjaman lainnya.
Pastikan bisnis Anda dalam situasi sehat dan produktif. Sehat dalam artian usaha Anda mendapat keuntungan dan tidak mengalami kerugian. Lewat laporan keuangan bisnis Anda bisa kelihatan seberapa sehat dan produktifnya usaha Anda.
Pastikan bisnis Anda telah berjalan minimal 6 bulan. Kesempatan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dari bank dan lembaga keuangan akan kian besar apabila keberadaan bisnis Anda dapat tampak. Padahal tak menutup kemungkinan Anda dapat memperoleh pinjaman meskipun usaha yang Anda mau dirikan masih dalam tahap agenda.
Jangan Ragu Mengambil Modal Usaha Untuk Bisnis Anda

Demikianlah berita dan tips dari pinjamanmodal.co.id mengenai pinjaman modal usaha yang dapat Anda manfaatkan untuk mengawali sebuah bisnis atau memaksimalkan usaha yang telah berjalan.

6 Syarat Mudah Pinjam Modal Usaha ke Bank

Salah satu kunci problem dalam mengelola keuangan yakni pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Kalau kau mempunyai niat untuk membuka usaha, kau sepatutnya merubah keuanganmu terutamanya dulu agar tak berpengaruh buruk pada usahamu nantinya.

Membuka usaha memang memerlukan modal yang tak sedikit. Keterbatasan modal inilah yang menjadi kendala ketika seseorang ingin membuka usaha. Salah satu alternatif untuk mengatasi situasi sulit tersebut merupakan dengan meminjam uang.

Kau bisa meminjam uang ke koperasi maupun bank. Namun, kebanyakan dari mereka lebih memilih bank sebagai alternatif meminjam uang untuk modal usaha para nasabahnya.

Namun, sebagian dari mereka masih ada yang belum paham bagaimana cara meminjam uang di bank. Untuk itu, kamu perlu menyimak di bawah ini untuk mengetahuninya, seperti dikutip dari ahlinya:

1. KTP (Kartu Petunjuk Penduduk)

KTP ialah syarat yang paling utama dan penting sekiranya kau ingin mengajukan pinjaman modal ke bank. Identitas diri memang diperlukan sebagai persyaratan untuk pengajuan apa saja termasuk pinjaman dana di bank.

2. Akta Nikah (Apabila Sudah)

Pihak bank akan meminta fotocopy akta nikah, jika kamu sudah menikah. Akta nikah ini akan diterapkan sebagai jaminan bahwa pihak bank mengenal harta atau barang yang diterapkan yakni harta perseorangan atau harta bersama.

3. Kartu Keluarga (KK)

Persyaratan ketiga yang patut dilengkapi yakni Kartu Keluarga. Pihak bank perlu mengetahui berapa banyak muatan yang ditanggung oleh calon debitur. Dengan ini, pihak bank dapat menentukan kecakapan kamu dalam membayar cicilan tagihan. Sebab sekiranya tanggungan si kecil terlalu banyak, tidak jarang pihak bank akan ragu untuk memijamkan dana.

4. Melampirkan Buku Tabungan

Bank akan memandang finansial kau selama 3 bulan terakhir. Besarnya saldo di dalam rekening tabungan, akan menandakan kesanggupan kau dapat atau tidaknya untuk mengganti pinjaman yang sudah diberi pihak bank nantinya

5. Slip Gaji

Slip gaji yaitu syarat kelima yang patut kau penuhi. Kenapa? Karna dari slip gaji, pihak bank dapat melihat berapa banyak gaji yang kamu temukan tiap-tiap bulannya. Apabila kamu berharap meminjam dana yang cukup besar tetapi gaji kau dirasa kurang cukup, tentuntunya pihak bank tak akan menyetujui permohonan pinjaman dana.

6. Bersih dari Kredit Macet

Apabila kamu masih mempunyai tunggakan atau hutang lainnya yang belum dilunasi, jangan harap pihak bank akan memperkenankan kamu untuk meminjam dana. Karena, kau masih memiliki tanggung jawab terhadap pihak lain.

Bila Anda ingin melakukan bisnis sendiri atau mengoptimalkan bisnis karena kapabel memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan, mengapa tidak Anda mengajukan pinjaman modal usaha. Toh, fasilitas pinjaman ini memang disediakan supaya bisnis yang dilakukan bisa berjalan sukses sehingga berimbas segera pada perekonomian Indonesia yang semakin kuat.

Semoga artikel p[injaman modal usaha Bank ini bermanfaat.

Comments are closed.