Pinjaman Modal Koperasi Online Solusi Anda

Pinjaman Modal Koperasi Online Bisa Jadi Solusi 

Pinjaman Modal Koperasi Online

Selain bisa mengajukan pinjaman dana ke pegadaian, bank, dan leasing atau lembaga pembiayaan, Anda juga bisa mencoba mengajukan pinjaman modal ke koperasi.

Koperasi sebagai badan usaha yang bergerak dalam bidang ekonomi melalui pengelolaan bersama antar anggota koperasi dengan asas kekeluargaan, bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang membutuhkan dana modal.

Anda bisa mengajukan pinjaman dengan bergabung menjadi anggota koperasi simpan pinjam terlebih dahulu.

Hal ini karena koperasi simpan pinjam merupakan suatu lembaga keuangan bukan bank berbentuk koperasi yang memiliki kegiatan usaha dalam menerima dan memberikan simpanan uang dengan bunga yang rendah kepada para anggotanya.

Saat ini koperasi juga menyediakan pinjaman modal koperasi online yang bisa diakses melalui situs atau aplikasi resminya saja tanpa harus datang langsung ke koperasi tersebut.

Apa itu Pinjaman Modal Koperasi Online?

Pinjaman Modal Koperasi Online merupakan sebuah pinjaman yang bisa Anda dapatkan dengan sangat praktis dan dapat diakses oleh siapa saja.

Anda tidak perlu mendatangi koperasi secara langsung untuk mendapatkan pinjaman tersebut. Hal ini tentu sangat memudahkan para nasabah yang akan mengajukan pinjaman.

Terlebih, bagi Anda yang belum terdaftar sebagai anggota tetap bisa mengajukan pinjaman. Ketika Anda melakukan pengajuan pinjaman maka secara otomatis sistem akan mendata Anda sebagai calon anggota koperasi.

Selain prosesnya yang mudah, pinjaman modal koperasi online juga memberikan keringanan kepada nasabah untuk melakukan pengajuan pinjaman tanpa agunan atau jaminan yang harus diberikan.

Namun, ada juga koperasi online yang mensyaratkan agunan bagi angggotanya untuk meminjam dana. Oleh karena itu, Anda harus pandai mencari koperasi mana yang akan Anda tuju untuk pengajuan dana pinjaman.

Selain itu, mengingat maraknya situs atau aplikasi yang berkedok sebagai koperasi online ilegal yang tidak terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), maka Anda juga harus memastikan terlebih dahulu legalitas hukum koperasi tersebut dengan mencari tahu statusnya apakah telah resmi terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum.

Kelebihan Pinjaman Modal Koperasi Online

Prosesnya Cepat dan Mudah

Mengajukan pinjaman modal di koperasi online memang terbilang mudah dan cepat. Kita tidak perlu datang langsung ke koperasi dan mengantri untuk mengajukan pinjaman dana. Selain proses pinjam yang terbilang mudah, proses pencairan dananya juga cepat.

Keringanan Bunga

Koperasi sebagai badan usaha yang didirikan dengan tujuan untuk pemerataan ekonomi memiliki nilai adil dengan sewa modal atau bunga yang terbilang rendah. Sistem bunga yang digunakan adalah bunga flat atau tetap yang ditentukan oleh kesepakatan semua anggota koperasi atau bahkan bunga menurun.

Adanya Sistem Bagi Hasil

Dengan adanya sistem bagi hasil, maka akan mengurangi praktik rentenir. Selain itu, dengan menjadi anggota koperasi maka Anda juga berhak mendapat Sisa Hasil Usaha (SHU) yang bisa mengurangi bunga pinjaman Anda.

Kekurangan Pinjaman Modal Koperasi Online

Wajib menjadi Anggota Koperasi

Sebagai sebuah koperasi maka ini menjadi syarat bagi setiap nasabah untuk terdaftar menjadi anggota koperasi terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa mendapatkan pinjaman modal.

Bagi Anda yang belum terdaftar sebagai anggota, maka Anda tetap bisa mengajukan pinjaman modal.

Setelah proses pengajuan, maka secara otomatis Anda akan terdaftar sebagai calon anggota.

Selain itu, sebagai anggota Anda juga diwajibkan untuk membayar simpanan wajib dan simpanan pokok sesuai ketentuan koperasi terkait.

Plafon Pinjaman Terbatas

Sebagai sebuah koperasi, maka dana yang ada berasal dari iuran anggotanya maupun dari kegiatan-kegiatan yang diadakan bersama. Hal ini menjadikan penyediaan plafon pinjaman juga lebih terbatas.

Syarat Pinjaman yang lumayan Rumit

Untuk meminjam dana ke koperasi memang terbilang lebih rumit dibandingkan meminjam dana di lembaga keuangan lainnya. Selain mensyaratkan fotokopi KTP, NPWP, slip gaji, Kartu Keluarga (KK), hingga rekening listrik atau PDAM,

Peminjaman modal di koperasi juga mensyaratkan para nasabah untuk membuat proposal usaha.

Kendati demikian, setiap koperasi pasti memiliki ketentuan dan persyaratan pengajuan pinjaman yang mungkin berbeda-beda.

Persyaratan Pengajuan Pinjaman di Koperasi

Untuk mengajukan pinjaman modal di koperasi, maka Anda perlu melengkapi persyaratan dokumen berikut ini.

  1. Fotokopi KTP pribadi dan KTP pasangan (jika sudah menikah).
  2. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  3. Fotokopi surat nikah (jika sudah menikah).
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  5. Fotokopi slip gaji, rekening listrik atau dokumen penghasilan lainnya apabila diperlukan.
  6. Dokumen jaminan, seperti BPKB, sertifikat deposito atau yang lainnya, apabila peminjaman dana untuk keperluan bisnis.
  7. Proposal pengajuan pinjaman dana yang berisi tujuan penggunaan dana pinjaman.

Demikian persyaratan dokumen untuk pengajuan pinjaman modal ke koperasi.

Untuk melakukan pinjaman modal koperasi online Anda hanya perlu mengisi formulir pengajuan pinjaman, kemudian scan dan upload semua dokumen persyaratan.

Perlu diperhatikan bahwa setiap koperasi online mungkin memiliki persyaratan lainnya bagi para nasabah.

Anda hanya perlu memahami syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan, lakukan pengajuan pinjaman ke koperasi yang telah resmi terdaftar dan berizin di OJK atau telah terdata di Kementerian Koperasi dan UMKM agar data Anda aman.

Mengingat bahwa hanya anggota koperasi saja yang dapat meminjam dana di koperasi, maka setelah proses pengajuan dana selesai Anda yang belum tergabung sebagai anggota akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan untuk bergabung menjadi anggota koperasi yang bersangkutan.

Berikut syarat-syarat untuk menjadi anggota koperasi.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Keanggotaan bersifat perorangan bukan badan hukum.
  3. Bersedia membayar simpanan pokok dan simpanan wajib berdasarkan ketentuan yang berlaku.
  4. Menerima hasil keputusan Rapat Anggota Tahunan (RAT), khususnya tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) maupun ketentuan lainnya di dalam suatu koperasi.

Setelah Anda resmi bergabung sebagai anggota, maka pinjaman modal Anda akan lebih mudah diproses.

Apabila pinjaman Anda disetujui, Anda kemudian akan melakukan kesepakatan akad pinjaman berupa ketentuan bagi hasil dan cicilan atau angsuran tiap bulan yang harus dibayarkan.

Setelah itu, dana Anda akan segera dicairkan sesuai waktu yang tertera di dalam akad pinjaman.

Macam-macam Bunga Pinjaman di Koperasi

Bunga Flat

Bunga flat merupakan jenis bunga yang tetap atau sama setiap bulannya. Sehingga, besar angsuran atau cicilan yang harus Anda bayarkan akan tetap per bulannya.

Persentase bunga flat juga lebih stabil dan besarnya tidak dipengaruhi oleh besar plafon pinjaman.

Jika Anda mengambil tenor atau jangka waktu pinjaman yang singkat, maka bunga flat ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Berikut perincian perhitungan bunga flat.

Misalnya Anda meminjam uang di koperasi sebesar Rp3.000.000 dengan jangka waktu pinjaman selama 60 hari. Bunga flat yang ditetapkan adalah sebesar 12% per tahun.

Maka besar bunga yang harus Anda bayarkan dalam satu bulan adalah Rp30.000 (Rp3.000.000 × (12%/12)). Sehingga besar bunga pinjaman untuk 2 bulan adalah Rp60.000.

Bunga Menurun

Bunga menurun ditentukan berdasarkan besar plafon pinjaman Anda. Semakin besar jumlah pinjaman, maka bunga yang dikenakan juga semakin besar.

Begitu sebaliknya, semakin kecil jumlah pinjaman, maka bunga yang dikenakan juga akan semakin kecil pula. Bunga jenis ini memiliki jangka waktu cicilan yang lebih panjang.

Berikut perincian perhitungan bunga menurun.

Bunga Menurun (RC) =

Misalnya Anda meminjam uang sebesar Rp1.500.000 dengan jangka waktu pinjaman selama 30 hari. Suku bunga yang ditetapkan adalah sebesar 1% sesuai dengan perhitungan bunga pinjaman pada koperasi.

Maka perhitungan bunga yang harus Anda bayarkan sebagai berikut.

Tanggal Sisa Pokok Jumlah Hari Bunga Menurun
01 Januari Rp1.500.000 6 ((Rp1.500.000×1%) / 30) × 6 = Rp3.000
07 Januari Rp1.000.000 12 ((Rp1.000.000×1%) / 30)× 12 = Rp4.000
19 Januari Rp600.000 6 (Rp600.000×1%) / 30) × 6 = Rp1.200
25 Januari Rp300.000 5 (Rp300.000×1%) / 30) × 5 = Rp500
30 Januari Rp0 0 (Rp0×1%) / 30) × 0 = Rp0
Total Bunga Rp8.700

Jadi total bunga dalam 1 bulan adalah sebesar Rp8.700 dengan pinjaman awal Rp1.500.000.

Jika Anda mengambil jenis bunga menurun, maka lebih baik Anda membayar angsuran pokok ditambah bunganya secara rutin per bulan.

Hal ini karena, apabila di akhir bulan Anda tidak membayar angsuran bunga, maka bunga yang belum dibayar tersebut akan dijadikan sebagai pengali selain pokok untuk perhitungan di bulan berikutnya.

Bunga

Menurun Efektif

Perhitungan bunga menurun efektif ditentukan berdasarkan saldo akhir pinjaman setiap bulannya.

Sehingga, bunga pinjaman Anda akan terus menurun setiap kali Anda membayar cicilan atau angsuran per bulan. Oleh karena itu, jenis bunga ini sering menjadi pilihan para peminjam.

Berikut perincian perhitungan bunga menurun efektif.

Misalnya Anda meminjam uang di koperasi sebesar Rp3.000.000 dengan jangka waktu pinjaman selama 3 bulan.

Suku bunga yang ditetapkan adalah sebesar 12% per tahun. Maka perhitungan besar bunga yang harus Anda bayarkan adalah sebagai berikut.

Bulan Ke- Saldo Angsuran Pokok Angsuran Bunga
1 Rp3.000.000 Rp1.000.000 Rp3.000.000 × (12%/12) = Rp30.000
2 Rp2.000.000 Rp1.000.000 Rp2.000.000 × (12%/12) = Rp20.000
3 Rp1.000.000 Rp1.000.000 Rp1.000.000 × (12%/12) = Rp10.000
Total Rp3.000.000 Rp60.000

Jadi, selama 3 bulan besar bunga pinjaman yang harus Anda bayarkan untuk pinjaman awal Rp3.000.000 adalah sebesar Rp60.000. Bunga pinjaman jenis ini akan memberikan besar bunga yang selalu menurun setiap kali Anda membayar angsuran pinjaman per bulannya.

Demikian cara menghitung bunga pinjaman di koperasi. Setiap koperasi mungkin memiliki besar bunga pinjaman yang berbeda-beda, Anda bisa menggunakan cara diatas untuk menghitung besar bunga yang harus Anda bayarkan.

Perhitungan diatas hanya untuk menghitung besar bunga pinjaman yang harus dibayarkan, tidak termasuk perhitungan besar angsuran per bulan berupa angsuran pokok ditambah angsuran bunga. J

ika Anda ingin menghitung besar cicilan atau angsuran yang harus Anda bayarkan setiap bulan, Anda bisa menghitungnya dengan cara menambahkan besar angsuran pokok dengan besar angsuran bunga per bulannya.

Tips Mengetahui Legalitas Hukum suatu Koperasi

Sebelum memutuskan meminjam dana di suatu koperasi, maka terlebih dahulu Anda harus memastikan bahwa koperasi tersebut telah resmi terdaftar dan berizin di OJK atau telah terdata di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dan telah bersertifikat.

Berikut beberapa tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui status atau legalitas hukum suatu koperasi.

Cek Data Koperasi di depkop.go.id

Situs nik.depkop.go.id  merupakan situs yang dioperasikan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

Di situs ini Anda bisa menemukan informasi detail sebuah koperasi di Seluruh Indonesia dari berbagai provinsi.

Informasi yang diberikan sangat detail dan lengkap, seperti data nama koperasi di suatu provinsi, nomor badan hukum, tanggal badan hukum, alamat, Nomor Induk Koperasi (NIK), dan keterangan telah bersertifikat atau belum.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui hal detail lainnya tentang suatu koperasi mulai dari data koperasi, data pengurus, data kelembagaan, dan data lainnya.

Berikut rincian detail informasi suatu koperasi yang bisa Anda peroleh melalui situs nik.depkop.go.id ini.

Data Koperasi, meliputi:

  • Nama Koperasi
  • Nomor Badan Hukum Pendirian
  • Tanggal Badan Hukum Pendirian
  • Nomor Perubahan Anggaran Dasar (Terbaru)
  • Tanggal Perubahan Anggaran Dasar (Terbaru)
  • Tanggal Rapat Anggota Tahunan (RAT) Terakhir
  • Alamat
  • Kelurahan/Desa
  • Kecamatan
  • Kabupaten
  • Provinsi
  • Bentuk Koperasi
  • Jenis Koperasi
  • Kelompok Koperasi
  • Sektor Usaha

Data Pengurus, meliputi:

  • Nama Ketua
  • Nama Sekretaris
  • Nama Bendahara

Data Kelembagaan, meliputi:

  • Jumlah Anggota Pria
  • Jumlah Anggota Wanita
  • Total Anggota
  • Total Manajer
  • Total Karyawan

Data Lainnya, meliputi:

  • Nomor Induk Koperasi (NIK)
  • Status NIK
  • Status Grade

Periksa Rapat Anggota Tahunan (RAT) suatu Koperasi

Suatu koperasi yang baik akan melakukan semua kegiatannya dengan rutin dan berdasarkan ketentuan yang berlaku, salah satunya Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Jika koperasi tersebut telah terdata sebagai badan hukum dan rutin melakukan RAT berarti koperasi tersebut tergolong aman dan dapat dipercaya. Anda bisa mengecek data Rapat Anggota Tahunan berdasarkan status grade suatu koperasi di situs nik.depkop.go.id.

Usahakan carilah koperasi yang memiliki status grade A, karena koperasi ini tergolong disiplin dan bertanggung jawab dalam menjalankan kegiatannya sebagai badan hukum dan telah bersertifikat.

Status grade ini ditentukan berdasarkan laporan hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dilaporkan suatu koperasi. Berikut penjelasan status grade suatu koperasi di situs nik.depkop.go.id.

  • Grade A: Koperasi telah melaporkan hasil RAT 3 tahun buku terakhir berturut-turut.
  • Grade B: Koperasi telah melaporkan hasil RAT minimal 2 kali tahun buku dalam 3 tahun terakhir.
  • Grade C1: Koperasi yang baru berdiri dalam 3 tahun terakhir dan melaporkan 1 kali RAT dalam 3 tahun terakhir.
  • Grade C2: Koperasi yang berdiri lebih dari 3 tahun dan baru melaporkan 1 kali RAT pada tahun berjalan.
  • Grade D: Koperasi belum pernah melaporkan RAT dalam 3 tahun buku terakhir. Jika suatu koperasi telah bersertifikat NIK namun mendapat grade D, artinya masa berlaku sertifikat NIK telah habis dan harus melakukan perpanjangan masa berlaku sertifikat NIK sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Cari Tahu Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU)

Sebagai calon anggota suatu koperasi Anda juga berhak mengetahui aktivitas yang dilakukan suatu koperasi selama beberapa tahun terakhir, salah satunya tentang penyampaian anggaran dari Sisa Hasil Usaha (SHU).

SHU adalah pendapatan suatu koperasi yang didapatkan dalam satu tahun buku setelah dipotong dana cadangan baik berupa biaya pajak maupun kewajiban lainnya selama tahun buku yang bersangkutan.

SHU ini nantinya akan dibagikan kepada anggota sesuai dengan jasa usaha dan partisipasi modal dari suatu anggota kepada koperasi.

SHU juga bisa digunakan untuk keperluan koperasi berdasarkan keputusan rapat anggota.

Selain itu, suatu koperasi juga harus merekrut anggota secara terbuka sebanyak minimal 20 orang yang memiliki kegiatan dan kepentingan ekonomi yang sama.

 Pinjaman Modal Koperasi Online Ilegal

Pada 22 Mei 2020, Satgas Waspada Investasi dalam operasionalnya berhasil menemukan 50 aplikasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang melakukan penawaran pinjaman online ilegal yang kegiatannya tidak sesuai dengan prinsip perkoperasian.

Penggunaan aplikasi koperasi simpan pinjam ilegal ini bertujuan untuk mengelabui masyarakat agar seakan-akan pinjaman online tersebut memiliki legalitas dari Kementerian Koperasi.

Pinjaman online ilegal ini sangat merugikan masyarakat karena mengenakan bunga dan fee yang sangat tinggi dengan tenor atau jangka waktu pinjaman yang singkat.

Selain itu, pinjaman online ilegal ini juga diduga melakukan penyebaran data pribadi serta melakukan intimidasi bagi nasabah yang tidak dapat melunasi pinjaman tepat waktu.

Sejak tahun 2018 sampai 22 Mei 2020, Satgas Waspada Investasi telah menghentikan kegiatan 2.536 pinjaman online ilegal. Oleh karena maraknya pinjaman online ilegal yang beredar,

Satgas Waspada Investasi terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar tidak dirugikan oleh pinjaman online ilegal.

Berikut tips yang diberikan Satgas Waspada Investasi apabila masyarakat ingin mengajukan pinjaman online.

  1. Pinjamlah hanya kepada perusahaan pinjaman online yang terdaftar atau berizin dari OJK. Daftarnya bisa dilihat di website go.id.
  2. Pinjamlah uang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan untuk membayarnya. Jangan meminjam dengan cara gali lubang tutup lubang, karena hanya akan menambah beban pembayaran utang.
  3. Sebisa mungkin pinjamlah uang untuk kebutuhan yang produktif, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian keluarga.
  4. Sebelum melakukan pengajuan pinjaman, pahami risiko dan kewajibannya terlebih dahulu. Jangan sampai menyesal setelah melakukan peminjaman dan bayarlah sesuai waktu yang telah ditentukan.

Berikut daftar aplikasi koperasi simpan pinjam ilegal berdasarkan data Satgas Waspada Investasi pada 22 Mei 2020.

No Nama Koperasi Platform
1. Koperasi Syariah 212 Koperasi Syariah 212
2. Koperasi Namastra Namastra – Koperasi Masa Kini
3. Koperasi FKSS Koperasi FKSS
4. Koperasi Simpan Pinjam Jalan Gemilang Uang Pintar
5. KSP SNR Soft Koperasi Simpan Pinjam
6. Koperasi Dana Pinjaman Mandiri Sejahtera Dana Pinjaman Mobile
7. KSPPS Nuri Jatim KSPPS Nuri Jatim
8. Koperasi Syabab Hidayatullah Mandiri KoperasiSahid Mandiri
9. Koperasi MTM Koperasi MTM
10. BMT Barokatul Ummah BMT Barokatul Ummah
11. Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT Al Falah Madani BMT Al Falah Madani
12. Koperasi Serba Usaha Tani Nusantara Koperasi Tani Nusantara
13. KSPPS BMT Roudlotul Jannah KSPPS BMT Roudlotul Jannah
14. Koppontren Al Fatah Koppontren Al Fatah
15. Koperasi Mitra Indonesia KOMINDO
16. BMT NU KALITIDU BMT NU KALITIDU
17. DOPA BMT DOPA BMT
18. BMT 3MITRAPLUS BMT 3MITRAPLUS
19. Koperasi Pondok Pesantren Al Badriyah Koppontren Al Badriyah
20. Koperasi Karyawan Insan Barokah KOPKAR Insan Barokah
21. BTM Sang Surya BTM Sang Surya
22. BTM Surya Madinah BTM Surya Madinah
23. BMT Baitul Manshurin BMT Baitul Manshurin
24. KSPPS BMT Sejahtera Makassar BMT Sejahtera
25. USPPS Koperasi Nurul Iman Madani BMT Nurul Iman
26. BMT Salman Alfarisi BMT Salman Alfarisi
27. KoperasiSyariahN asuha BMT Nasuha
28. KSP AR-ROHMAH AR-ROHMAH
29. KSU Amanah Sejahtera Mambaul Ulum Mambaul Ulum Mobile
30. Koperasi Mitra Berkah Usaha Koperasi Mitraku
31. BMT KULNI BMT KULNI
32. BMT Permata Indonesia BMT Permata Indonesia
33. BMT SAKINAH SEJAHTERA BMT SAKINAH SEJAHTERA
34. KSU Bumi Artho Mulyo KSU Bumi Artho Mulyo
35. Koperasi Al Khair Mandiri Koperasi Al Khair Mandiri
36. Koperasi Pondok Pesantren Sunan Drajat BMT Sunan Drajat
37. Koperasi Jasa Keuangan Syariah SIT Ukhuwah KJKS SIT Ukhuwah
38. Koperasi Jasa Keuangan Syariah Shakira Artha Mulia KJKS Shakira Artha Mulia
39. BMT SMART BMT SMART
40. Koperasi Harapan Kita Koperasi Harapan Kita
41. Koperasi Neo Mitra Usaha Neo Mitra Usaha
42. KSP Nusantara KDIGIPOS
43. Koperasi Swadharma Koperasi Swadharma
44. Koperasi Subur Makmur Sentosa Koperasi Subur Makmur Sentosa
45. Koperasi Simpan Pinjam Sumber Murni Butuh Duit
46. Koperasi Karyawan SIGAP Prima Astrea Koperasi Sigap
47. Koperasi KITA Koperasi KITA – Koperasi Digital
48. KSP Bintang Balirejo Indonesia KSP Maudana
49. KSP Modal Usaha Pinjam Pro – Pinjaman Dana Cepat Online Cair Kilat
50. Koperasi Simpan Pinjam Andalan Usaha Sejahtera Kredikas – Kredit Uang Cepat Cash KSP

Jika kemudian ditemukan tawaran pinjaman online yang mencurigakan, masyarakat dapat menghubungi dan melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 157, email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id.

Koperasi yang Terdaftar di OJK

Agar pengajuan pinjaman Anda aman, maka Anda harus mengajukan pinjaman modal di koperasi yang telah terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau telah terdata di Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia sebagai badan hukum yang resmi. Berikut ini daftar koperasi yang telah terdaftar dan berizin di OJK.

Daftar Koperasi yang Telah Mendapat Izin Penuh dari OJK

Provinsi Jawa Tengah

  1. Koperasi LKM Bulu Makmur
  2. Koperasi LKM Sido Mulyo
  3. Koperasi LKM Pondok Subur
  4. Koperasi LKM Ngudi Lestari
  5. Koperasi LKMA Ngudi Luhur
  6. Koperasi LKMA Tani Makmur
  7. Koperasi LKMA Randu Makmur
  8. Koperasi LKM Gapoktan Ragil Jaya
  9. Koperasi LKM Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Sumber Harapan Maju
  10. Koperasi LKM Lembaga Keuangan Desa Rejo Makmur
  11. Koperasi LKM Soko Rahayu
  12. Koperasi LKMA Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan Mugi Rahayu
  13. Koperasi LKMA Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan Manunggal Lestari
  14. Koperasi LKMA Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan Subur
  15. Koperasi LKM Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah Artha Surya
  16. Koperasi LKM Berkah Margo Mulyo
  17. Koperasi LKM Syariah BTM Pemalang
  18. Koperasi LKM Artha Nugraha
  19. Koperasi LKMS BTM Kota Tegal
  20. Koperasi LKM Gapoktan Tani Mandiri
  21. Koperasi LKMS BTM Surya Amanah
  22. Koperasi LKM Gapoktan Tani Karya
  23. Koperasi LKMA Blorok Makmur Sejahtera
  24. Koperasi LKMA Sido Rukun
  25. Koperasi LKMA Sido Makmur
  26. Koperasi LKMA Karangsari Sejahtera
  27. Koperasi LKMA Sendang Mulyo
  28. Koperasi LKM PED Agung Samudra
  29. Koperasi LKMA Gapoktan Ngudi Rejeki I
  30. Koperasi LKMA Mekar Arum
  31. Koperasi LKMA Gapoktan Gondang
  32. Koperasi LKMA Anugerah Tani Makmur
  33. Koperasi LKMA Gapoktan Bangun Karyo
  34. Koperasi Sari Mulyo Taman Sari
  35. Koperasi LKMA Mustika Karya Makmur
  36. Koperasi LKM Desa Bendo
  37. Koperasi LKM Sejahtera Karya Mandiri
  38. Koperasi LKM Murih Raharjo
  39. Koperasi LKM Syariah BTM Banyumas di Patikraja
  40. Koperasi LKM Pundi Mataram Pati
  41. Koperasi LKMA Gapoktan Sumber Makmur Sri Rejeki
  42. Koperasi LKMA Gapoktan Sri Rejeki
  43. Koperasi LKMA Gapoktan Agung Rejeki
  44. Koperasi LKMA Gapoktan Gerak Makmur
  45. Koperasi LKMA Gapoktan Suka Tani Desa Sastrodirjan Kecamatan Wonopringgo
  46. Koperasi LKMA Gapoktan Tani Maju Desa Wonoyoso Kecamatan Buaran
  47. Koperasi LKMS Bankwakaf Al Muttaqien Pancasila Sakti (LKMS Bankwakaf Alpansa
  48. Koperasi LKMS Amanah Berkah Nusantara
  49. Koperasi LKMA Gapoktan Mekar Wangi
  50. Koperasi LKMA Gapoktan Sumber Usaha Desa Pringsurat Kecamatan Kajen
  51. Koperasi LKMS Assa Berkah Sejahtera
  52. Koperasi LKMS al Ihya Baitul Auqof
  53. Koperasi LKMS Bankwakaf Al Manshur Barokahing Gusti

Provinsi Jawa Timur

  1. Koperasi LKM Syariah Anggrek
  2. Koperasi LKM Syariah Al Ummahat
  3. Koperasi LKMS Usaha Mulia
  4. LKM Syariah Denanyar Sumber Barokah
  5. Koperasi LKMS Berkah Rizqi Lirbowo
  6. Koperasi LKMS Amanah Makmur Sejahtera
  7. Koperasi LKMS Tebuireng Mitra Sejahtera

Provinsi Jawa Barat

  1. Koperasi LKM Syariah Gunungjati
  2. Koperasi Wesal Keuangan Syariah
  3. Koperasi LKMS Berkah Amanah Ummat
  4. Koperasi LKMS Ranah Indah Darussalam
  5. Koperasi LKMS Berkah Bersama Baiturrahman
  6. Koperasi LKMS Buntet Pesantren
  7. LKM Syariah KHAS Kempek
  8. Koperasi LKM Nahdlatul Wathon Cijantung

Provinsi Lampung

  1. Koperasi LKM UPK DAPM Mandiri Sejahtera
  2. Koperasi LKM Mandiri Sejahtra
  3. Koperasi LKM UPK DAPM Mirba

Provinsi Sumatera Utara

  1. Koperasi LKMS Madani Emas Nusantara

Provinsi Banten

  1. Koperasi LKMS Pesantren An Nawawi Tanara
  2. Koperasi LKMS El-Manahij
  3. Koperasi LKMS Lan Taburo

Provinsi DIY

  1. LKM Syariah Almuna Berkah Mandiri

Daftar Koperasi yang Mendapat Izin Bersyarat dari OJK

Provinsi Jawa Tengah

  1. Koperasi LKM Syariah BTM Purbalingga
  2. Koperasi LKM Leyangan Sejahtera
  3. Koperasi LKM Gapoktan Sarwo Akur Tani
  4. Koperasi LKMA Sumber Rejeki Makmur
  5. Koperasi LKMA Mojo Agung Sejahtera
  6. Koperasi LKMA Tani Merapi Sejahtera
  7. Koperasi LKM Amanah Sumber Baru Eromoko
  8. Koperasi LKMA Gapoktan Tani Tanjung Jaya
  9. Koperasi LKMA Tani Makmur Merapi
  10. Koperasi LKMA Gapoktan Sumber Tani
  11. Koperasi LKMA Wisma Tani Makmur
  12. Koperasi LKMA Arta Makmur Sejahtera
  13. Koperasi LKMA Gapoktan Sukses Makmur
  14. Koperasi LKMA Gapoktan Tani Makmur Desa Randumuktiwaren Kecamatan Bojong
  15. Koperasi LKMA Gapoktan Wono Raharjo
  16. Koperasi LKMA Gapoktan Sedayu Barokah
  17. Koperasi LKMA Gapoktan Novelty Sejahtera
  18. Koperasi LKMA Gapoktan Maju Makmur
  19. Koperasi LKMA Gapoktan Setya Mandiri
  20. Koperasi LKM Laras Rejo Makmur
  21. Koperasi LKMA Sidodadi Makmur
  22. Koperasi LKMA Gapoktan Tani Maju
  23. Koperasi LKMA Gapoktan Tani Mugi Rahayu
  24. Koperasi LKMA Gapoktan Lestari Raharjo
  25. Koperasi LKMA Subur Lestari
  26. Koperasi LKMA Tarub Raharjo
  27. Koperasi LKMA Tri Asri
  28. Koperasi LKMA Gapoktan Manunggal, Desa Notogiwang Kecamatan Paninggaran
  29. Koperasi LKM Gapoktan Demang Tani
  30. Koperasi LKMA Sumber Urip
  31. Koperasi LKMA Sumber Rejeki
  32. Koperasi LKMA Sari Tani
  33. Koperasi LKMA Sentana Jaya
  34. Koperasi LKMA Gapoktan Lumbung Pangan
  35. Koperasi LKM Sumber Makmur
  36. Koperasi LKM Gapoktan Sekar Harum Karanggayam
  37. Koperasi LKMA Karya Makmur
  38. Koperasi LKM Adi Jaya Makmur
  39. Koperasi LKMA Cakra Tani
  40. Koperasi LKMA Gapoktan Manunggal Tani Kamulyan
  41. Koperasi LKM Kurnia Tani Cendana
  42. Koperasi LKMA Gapoktan Suka Maju
  43. Koperasi LKMA Gapoktan Rukun Makmur
  44. Koperasi LKMA Gapoktan Melati Makmur
  45. Koperasi LKM Usaha Murih Kasembadan
  46. Koperasi LKMA Tani Utama Kertayasa
  47. Koperasi LKM Panuntun Tani
  48. Koperasi LKMA Tani Makmur Blater
  49. Koperasi LKM Agribisnis Tri Mulya Tani
  50. Koperasi LKMA Gapoktan Tani Asri
  51. Koperasi LKMA Tani Sukses Mandiri

Provinsi Jawa Barat

  1. Koperasi LKMS BMT Talaga

Provinsi Bengkulu

  1. Koperasi LKM Kemala Aman
  2. Koperasi LKMS MM Sejahtera Propinsi Bengkulu
  3. Koperasi LKMS Ukhuwah Bintang Ihsani

Provinsi Lampung

  1. Koperasi LKM Sumber Lestari
  2. Koperasi LKMA Gapoktan Sari Makmur
  3. Koperasi LKM Agribisnis Sido Jaya Abad
  4. Koperasi LKMA Tunas Mekar Sejahtera
  5. Koperasi LKM Gapoktan Panca Karya
  6. Koperasi LKMA Mekar Jaya

Provinsi Kalimantan Tengah

  1. Koperasi LKM Hatantiring Manggatang Utus

Provinsi Sumatera Barat

  1. Koperasi LKMA Kola Jaya
  2. Koperasi LKM Agribisnis Salingka Permai Indah
  3. Koperasi LKMA Biofera Sumedang
  4. Koperasi LKMA Silaing Atas
  5. Koperasi LKMA Melati
  6. Koperasi LKMA Usaha Bersama
  7. Koperasi LKMA Alam Sungai Liku
  8. Koperasi LKMA Saiyo Sakato
  9. Koperasi LKMA Gapoktan Samo Saiyo
  10. Koperasi LKMA Amanah Manggis Ganting
  11. Koperasi LKMA Lokuang Kuranji
  12. Koperasi LKMA Taluk Tigo Sakato
  13. Koperasi LKMA Anduring
  14. Koperasi LKMA Lansano Saiyo
  15. Koperasi LKM Agribisnis Situbanda
  16. Koperasi LKMA Gemar Sepakat
  17. Koperasi LKMA Baringin Sakti
  18. Koperasi LKMA Damar Rumput Jaya
  19. Koperasi LKM Agribisnis Tigo Sajarangan
  20. Koperasi LKMS Agribisnis Gapoktan Panampuang Prima
  21. Koperasi LKM Lembah Sarang Olang
  22. Koperasi LKM Batu Taba Sepakat
  23. Koperasi LKM Agribisnis Lubuak Simato

Provinsi Sulawesi Barat

  1. Koperasi LKM Gapoktan Bunga Padi
  2. Koperasi LKM Gapoktan Tanah Bahagia
  3. 4 Koperasi LKM Sumber Makmur
  4. Koperasi LKM Gapoktan Reski Tunas Semi
  5. Koperasi LKM Gapoktan Karya Tani
  6. Koperasi LKM Gapoktan Assama Lebuang
  7. Koperasi LKMA Gapoktan Mataram

Provinsi Banten

  1. PT LKM Ciomas

Semua itu adalah daftar koperasi yang terdaftar dan berizin di OJK berdasarkan Direktori Lembaga Keuangan Mikro Januari 2018.

Hal yang perlu diketahui adalah tidak semua koperasi menyediakan pelayanan pengajuan pinjaman modal secara online.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman modal koperasi online, Anda bisa mengecek legalitas hukum koperasi tersebut melalui situs resmi dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia di nik.depkop.go.id atau berdasarkan data daftar koperasi yang telah terdaftar dan berizin di OJK yang telah disebutkan.

Kemajuan dan perkembangan teknologi memberikan banyak kemudahan, termasuk dalam hal pengajuan pinjaman online.

Kemudahan yang diberikan ini juga harus disertai tingkat kewaspadaan yang tinggi karena banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan kemajuan teknologi ini dengan membuat platform pinjaman online ilegal.

Jika pinjaman online tersebut menawarkan sewa modal dan fee yang sangat tinggi dengan jangka waktu pinjaman yang sangat singkat maka bisa jadi pinjaman online tersebut ilegal.

Terlebih lagi, jika tidak terdata sebagai badan hukum yang resmi di Kementerian Koperasi dan UMKM atau tidak terdaftar dan berizin di OJK.

Oleh karena banyaknya tawaran pinjaman online ilegal, maka Anda harus benar-benar berhati-hati.

Agar pembayaran pinjaman Anda lancar, maka ajukanlah pinjaman yang memang benar-benar Anda butuhkan untuk saat ini dan sesuai kemampuan Anda untuk membayar.

Sebisa mungkin, gunakanlah dana pinjaman tersebut untuk kebutuhan yang produktif agar mendapat timbal balik yang menguntungkan.

Rutinlah membayar angsuran bulanan Pinjaman modal koperasi online tepat waktu agar tidak terjadi hal-hal yang nantinya hanya akan merugikan diri Anda sendiri.

Trends Pinjaman Modal:

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan ,Pinjam Uang Di Koperasi Online ,Pinjaman Modal Usaha Koperasi ,Pinjaman Modal Koperasi ,Koperasi Simpan Pinjam Terdekat ,Koperasi Simpan Pinjam Gagal Bayar ,Koperasi Simpan Pinjam Smart Dana Indonesia ,Koperasi Online Alfamart ,Pinjaman Online Pribadi ,Koperasi Pinjaman Online ,Pinjaman Koperasi Online

About admin